RONASENJA

berbagi segalanya untuk manfaat dan kebaikan

Mengatasi Lemas Saat Berpuasa


Puasa Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk kita meningkatkan kepatuhan, ketaatan dan juga keimanan kepada Allah. Biasanya orang yang sedang puasa merasakan tubuhnya lemas dan lesu, sehingga akan mengurangi kekhusukan dalam beribadah selama bulan Ramadhan.

Tubuh lemas dan lesu selama puasa salah satunya disebabkab oleh kurangnya cairan di dalam tubuh. Meski berpuasa kebutuhan cairan 2 liter/hari jangan diabaikan. Tetap penuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih yang sama seperti tidak puasa. Minum yang ideal setiap hari adalah 2 liter atau setara dengan 8-10 gelas minum normal (isi 200-250 cc). Hal ini penting karena otak dan otot masing-masing terkomposisi 75% dari air. Bahkan tulang pun mengandung setidaknya 20% air.

Bagaimana cara minum air putih 2 liter per hari selama ramadan?

Dr Kasim Rasjidi, SpPD-KKV, DTM&H, MCTM, MHA, SpJP, FIHA., memberikan kiat minum air putih yakni ketika buka puasa sehabis makan yang manis seperti kurma dan buah, kemudian sesudah salat Magrib, lalu sambil menunggu waktu Isya dan tarawih, kemudian diantara doa dan zikir yang dikerjakan tiap malam lalu ketika sahur.

“Lakukan hal yang sama, sehingga waktu tarawih pun perut tidak penuh, duduk saat salat juga tidak begah, bisa menghindari tahak saat salat yang pada kehidupan sehari-haripun tidak sesuai etika pergaulan, apalagi salat adalah menghadap Allah,” katanya .

Dengan minum air putih yang cukup ancaman dehidrasi selama puasa juga bisa dihindari. Kurang mengonsumsi air akan membuat tubuh mengambil air dari komponen yang lebih dekat yaitu darah. Karena kandungan air dalam darahnya diambil maka darah akan menjadi kental, sehingga distribusi darah ke seluruh tubuh akan terganggu.

Air putih memiliki banyak sekali manfaat, jika dikonsumsi secara tepat dalam arti tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Manfaat air putih yang sudah jamak adalah menghilangkan dahaga, mencegah dehidrasi, dan menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang lewat keringat, urine atau saat kita bernafas.

Jumlah air yang menurun dalam tubuh, akan membuat fungsi organ-organ tubuh kita juga akan menurun, dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, dan virus. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh.

Ramadan adalah kesempatan untuk memperbaiki kebiasaan kurang minum ini dengan mencukupkan air sejak buka sampai sahur. Penuhi kebutuhan cairan tersebut secara bertahap dari periode buka sampai sahur.

Semoga kita kuat menjalaninya dan puasa kita diterima oleh Allah SWT. Amien.

Agustus 11, 2010 - Posted by | Kesehatan | , , , ,

2 Komentar »

  1. Selamat pak sudah semakin mahir. Nama blognya bagus dan manis.
    Oya untuk membuat blogroll, dulu di WP ada fasilitas make blogroll dan do Follow, tapi sekarang tidak ada lagi.
    Jadi sekarang untuk membuat blogroll harus manual. Masuk ke “DASHBOARD” teruk “LINK (TAUTAN)”, Add New Link atau Buat Link Baru. Link bisa dibuat dalam beberapa kategori.

    Komentar oleh aleks | Agustus 12, 2010 | Balas

    • Terima kasih atas apresiasinya, jadi pengen posting terus ni Pak.
      mohon bimbingannya terus dalam PLPG nanti ya Pak

      Komentar oleh ronasenja | Agustus 14, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: